Pages

Sunday, September 8, 2019

Walau Ekspor-Impor China Loyo, Indeks Shanghai Tetap Hijau

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa saham China dan Hong Kong mengawali perdagangan pertama di pekan ini, Senin (9/9/2019) di zona hijau, di mana indeks Shanghai menguat 0,81% 3.023,78, sementara indeks Hang Seng naik 0,2% ke level 26.743,36.

Jika penguatan indeks Shanghai bertahan hingga akhir perdagangan, maka akan menandai apresiasi selama enam hari tanpa putus.

Bursa saham China dan Hong Kong mampu menguat terlepas dari loyonya data perdagangan internasional China.

Kemarin (8/9/2019), ekspor China periode Agustus 2019 diumumkan jatuh sebesar 1% secara tahunan (year-on-year/YoY), jauh lebih buruk dibandingkan konsensus yang memperkirakan pertumbuhan sebesar 2%, dilansir dari Trading Economics. Sementara itu, impor jatuh 5,6% YoY, menandai penurunan selama empat bulan beruntun.


Untuk diketahui, People's Bank of China (PBOC) selaku bank sentral China sempat terus-menerus melemahkan nilai tukar yuan pada bulan lalu, yakni dengan mematok nilai tengahnya di level yang lebih rendah.

Sebagai informasi, PBOC memang punya wewenang untuk menentukan nilai tengah dari yuan setiap harinya.

Nilai tukar yuan di pasar onshore (dalam negeri) kemudian hanya diperbolehkan bergerak dalam rentang 2% (baik itu menguat maupun melemah) dari nilai tengah tersebut, sehingga pergerakannya tak murni dikontrol oleh mekanisme pasar. Implikasinya, ketika nilai tengah ditetapkan di level yang lebih lemah, yuan akan cenderung melemah di pasar onshore.

Diharapkan, pelemahan yuan tersebut akan mendongkrak kinerja ekspor Negeri Panda, namun kenyataannya tidak seperti itu.

Aksi beli masih dilakukan di bursa saham China dan Hong Kong seiring dengan rencana negosiasi dagang AS-China secara tatap muka. Pada pekan lalu, Kementerian Perdagangan China mengatakan bahwa delegasi kedua negara melakukan perbincangan via sambungan telepon.

Perbincangan via sambungan telepon ini melibatkan berbagai tokoh penting seperti Wakil Perdana Menteri China Liu He, Gubernur Bank Sentral China Yi Gang, Kepala Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer, dan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin.

Walau Ekspor-Impor China Loyo, Indeks Shanghai Tetap HijauFoto: Wakil Perdana Menteri China Liu He meninggalkan kantor Perwakilan Dagang AS di Washington, AS, (9/5/2019). (REUTERS / James Lawler Duggan)

Hasilnya, kedua belah pihak menyepakati gelaran negosiasi dagang secara tatap muka pada awal bulan depan, dilansir dari CNBC International. AS dan China akan menggelar negosiasi tersebut di Washington, D.C. yang merupakan ibu kota dari AS.

Menurut pernyataan resmi dari Kementerian Perdagangan China, kedua belah pihak akan menggelar konsultasi pada pertengahan bulan ini sebagai bagian dari persiapan negosiasi tatap muka di awal bulan depan.

Lantas, asa damai dagang AS-China yang sempat redup kini kembali membuncah dan sukses memantik aksi beli di pasar saham.

Pada hari ini, tidak ada data ekonomi yang dijadwalkan dirilis di China dan Hong Kong.

TIM RISET CNBC INDONESIA


(ank/ank)

Let's block ads! (Why?)



from CNBC Indonesia https://ift.tt/2PW4RWg
via IFTTT

No comments:

Post a Comment