Pages

Tuesday, September 10, 2019

Bukan Jokowi, Ini Tokoh yang Janji Mau Beli Mobil Esemka

Jakarta, CNBC Indonesia - Komponen lokal mobil Esemka memang lebih rendah dari pemain lokal lama yang sama-sama diproduksi Indonesia. Astra Daihatsu Motor (ADM) misalnya mengklaim komponen Mobil Xenia-Avanza sudah sampai 94%, Agya-Ayla 92%, Sigra-Calya 92%, Toyota Kijang 85%.

Menhub Budi Karya Sumadi sempat membocorkan bahwa komponen lokal mobil Esemka sudah di atas 60%, meski pihak PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) produsen Esemka Bima belum mau mengungkapnya.

Namun, sinar Esemka kembali berhasil menyedot perhatian dan membuat tokoh-tokoh kepincut untuk meminangnya. Saat Esemka kali pertama kali jadi perbincangan pada 2012, Esemka sempat dipesan tak hanya oleh Jokowi sebagai wali kota Solo, tapi tokoh pemerintah seperti Roy Suryo, hingga Menteri PU kala itu, Djoko Kirmanto, dan lainnya  ikut meminang Esemka.

Kini, setelah Esemka bangkit lagi, siapa tokoh-tokoh yang kepincut dengan Esemka?

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah menyatakan minatnya akan mobil Esemka. Namun bukan pikap Esemka Bima yang dinanti Ganjar, melainkan SUV.

Ganjar pun di laman Instagram pribadinya mengungkapkan, jika nantinya mobil non-niaga keluaran Esemka meluncur, dirinya bakal menggunakan SUV tersebut sebagai kendaraan dinas Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Ia mengaku siap memakainya untuk mobil dinas sebagai wujud dukungan terhadap karya anak bangsa.

"Saya pengin cepat beli, dan merasakan mobil hasil karya anak bangsa. Mungkin bisa jadi mobil dinas gubernur dan bupati-wali kota di Jateng," katanya Seperti dilaporkan detikcom.

Ia juga bilang mobil pick up Esemka Bima akan dimanfaatkan sebagai kendaraan petani, nelayan, juga pelaku usaha kecil.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan bakal membantu mempopulerkan Esemka. Namun, Ridwan masih belum tahu lebih dalam soal Esemka, sehingga ia belum bisa memberikan komentarnya lebih banyak.

"Jadi menunggu teknisnya seperti apa, belum jelas speknya, berapa harganya. Kalau benar, kita akan bantu mempopulerkan mobil kebanggaan Indonesia," ungkap pria dengan sapaan akrab Kang Emil itu.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno pada saat dirinya sedang bertarung menjadi cawapres mengaku sudah siap membeli Esemka jika mobil itu lahir. Pernyataan tersebut muncul menanggapi isu peluncuran Esemka pada akhir 2018.

"Keinginan punya mobil nasional dan setiap negara punya kebanggaan, punya mobil nasional. Kalau mobil Esemka itu keluar, saya adalah salah satu yang jadi pembeli pertama," ujar Sandiaga pada November 2018.

Presiden Jokowi saat peresmian pabrik Esemka di Boyolali pada Jumat (6/9) memang tak mengungkap atau janji akan membeli Esemka. Ia hanya meyakini mobil Esemka khususnya pick up Bima bakal laris manis di pasaran. Ia juga memuji keberanian produsen Esemka mengembangkan merek kendaraan lokal. Bahkan Jokowi sempat mempromosikan Esemka, agar konsumen membeli yang diklaim produk karya anak bangsa ini.

"Tapi kalau lihat produknya tadi, saya sudah buka, sudah nyoba, sudah lihat sudah test, memang wajib kita beli barang ini. Kalau beli barang dari produk lain ya kebangeten, apalagi yang impor," kata Jokowi.

Kita tunggu saja realisasi sesumbar para tokoh soal Esemka. (hoi/hoi)

Let's block ads! (Why?)



from CNBC Indonesia https://ift.tt/2LGohZO
via IFTTT

No comments:

Post a Comment