Pages

Thursday, December 5, 2019

Mega Tsunami PHK Otomotif Menghantui 80.000 Orang di Dunia

Jakarta, CNBC Indonesia - Pabrik-pabrik mobil dunia satu per satu masuk daftar yang melakukan PHK dan sebagian lagi bersiap melakukannya. Pada 2019 adalah tahun terburuk bagi para pekerja di sektor otomotif di seluruh dunia karena berbagai kebijakan efisiensi yang berdampak pada puluhan ribu pekerja yang kena PHK.

Pendorongnya selain karena menurunnya permintaan akibat ekonomi yang lesu sebagai dampak perang dagang. Faktor berkembangnya bisnis digital ride hailing atau ride sharing macam transportasi online. 

Juga adanya tren kewajiban regulator di banyak negara soal kendaraan listrik digalakkan, sedangkan industri masih banyak yang memakai teknologi konvensional. Ini terutama terjadi di AS dan negara-negara di Eropa.


Selain itu, industri otomotif sedang mengarah pada kendaraan otonom atau kendaraan yang bisa melaju sendiri tanpa kemudi. Ini jadi tekanan hebat bagi industri otomotif untuk terus mengembangkan teknologi kendaraan otonom.

Daimler dan Audi mengumumkan mengurangi hampir 20.000 karyawannya, sebagaimana dilaporkan South China Morning Post (SCMP) yang mengutip data Bloomberg News. Dari laporan itu diprediksi bahwa akan ada 80.000 pekerja yang terancam kehilangan pekerjaan dalam beberapa tahun ke depan.

"Meskipun pemotongan (jumlah pekerja diperkirakan) terkonsentrasi di Jerman, Amerika serikat (AS) dan Inggris, ekonomi yang tumbuh lebih cepat belum kebal dan produsen mobil diperkirakan akan mengurangi operasi di sana," tulis SCMP.

Sepanjang tahun ini, berbagai perusahaan mobil dunia juga telah melakukan pemangkasan jumlah karyawannya, antara lain:

Nissan

Nissan Motor Co akan memangkas 12.500 karyawannya. Pengumuman disampaikan perusahaan pada Juli 2019 lalu.

Rencananya PHK akan berlangsung hingga Maret 2023. Perusahaan pembuat merk Rogue dan Datsun ini memiliki 138.000 karyawan pada Maret 2018.

Jatuhnya laba hingga 98,5% menjadi 1,6 miliar yen (US$ 14,80 juta) di Q1 2019 menjadi penyebab. Ini merupakan performa terburuk perusahaan sejak Maret 2009.

Daimler

Daimler, induk merk Mercedes-Benz, memutuskan melakukan PHK sekitar 10.000 karyawan di seluruh dunia. Jumlah ini setara 3% dari total pekerja Daimler saat ini di berbagai negara.

Dalam artikelnya, Reuters mengungkapkan PHK dilakukan secara bertahap selama 3 tahun ke depan. "Industri otomotif saat ini dalam transformasi besar-besaran dalam sejarahnya," tulis Daimler.

Daimler melakukan hal ini karena mereka harus berinvestasi dalam kendaraan listrik dan di sisi lain karena ada penurunan penjualan.
Menurut pejabat Daimler, Wilfried Porth, perusahaan saat ini memiliki sekitar 304.680 pekerja.

Audi

Audi yang dimiliki oleh Volkswagen menyebut akan melakukan PHK terhadap 9.500 karyawan hingga 2025 mendatang. Jumlah itu sekitar 10% dari total tenaga kerjanya di seluruh dunia.

PHK yang dilakukan Audi diperkirakan bisa menghemat operasional perusahaan hingga 6 miliar euro atau US$6,6 miliar selama 10 tahun. Kendati begitu, produsen mobil premium tersebut berjanji bakal menyediakan 2.000 pekerjaan baru untuk sektor mobil listrik.

Ford

Ford Motor Co dikabarkan bakal mem-PHK pada 12.000 karyawan dan menutup sejumlah pabriknya. Penyebabnya adalah kerugian akibat melambatnya penjualan.

Sekitar 2.300 karyawan berasal dari AS. Selain memangkas pekerja, Ford juga memotong 10% gaji karyawan secara global.

Di Brasil misalnya dengan rekan barunya CAOA, Ford berencana melakukan efisiensi besar-besaran pada perusahaan. Bahkan akan ada 1.300 karyawan yang di PHK. Perusahaan hanya akan mempertahankan 800 karyawan.

"Tujuannya untuk membuat perusahaan meraih profit dan produktif," kata pendiri CAOA.

Volvo

Pembuat mobil asal Swedia Volvo yang dimiliki Geely asal China memangkas ratusan ribu karyawan pada Mei 2010. Volvo memiliki 43.000 tenaga kerja.

"Sebagai perusahaan yang tengah tumbuh, Volvo ingin secara konstan meninjau biaya," kata perusahaan dalam sebuah pernyataan.

Alasan mereka mengurangi pekerja adalah untuk melakukan lebih banyak penghematan dalam biaya operasi perusahaan. Industri otomotif telah banyak merugi sepanjang 2019 ini akibat perang dagang yang sudah berlangsung lama antara berbagai negara dunia, terutama AS dengan China.

Tarif yang diterapkan kedua ekonomi terbesar di dunia ini telah meningkatkan biaya perusahaan dan menghambat investasi.

Selain di Amerika dan Eropa, pemangkasan jumlah pekerja juga dilakukan perusahaan mobil China. Startup kendaraan listrik NIO, yang telah merugi hingga miliaran dolar dan mencatatkan kinerja saham yang buruk di Bursa New York, telah mem-PHK sekitar 20% tenaga kerjanya pada akhir September atau sekitar 2.000 orang.

"Perlambatan yang terus-menerus di pasar global akan terus mengurangi margin dan pendapatan produsen mobil, yang telah dirugikan oleh peningkatan pengeluaran Penelitian dan Pengembangan (R&D) untuk teknologi mobil otonom," kata Gillian Davis, analis Bloomberg Intelligence.

"Banyak produsen mobil sekarang fokus pada rencana penghematan biaya untuk mencegah erosi margin," katanya.

[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)

Let's block ads! (Why?)



from CNBC Indonesia https://ift.tt/33VvbRW
via IFTTT

No comments:

Post a Comment