Pages

Thursday, September 5, 2019

Simak! Deretan 5 Emiten yang Diburu dan Dilego Asing Sebulan

Jakarta, CNBC Indonesia - Aliran modal asing tampaknya mulai seret dalam sebulan terakhir di pasar saham domestik. Hal itu tampak dari data net sell (jual bersih) asing yang mulai terjadi sejak awal Agustus hingga saat ini.

Namun data perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat hingga Kamis kemarin (5/9/2019), asing memang masih membukukan jual bersih (net buy) secara tahun berjalan atau year to date yakni mencapai Rp 53,6 triliun, kendati sebulan terakhir asing keluar dari BEI
mencapai Rp 7,52 triliun.

Dari nilai net buy sepanjang tahun ini, setidaknya ada lima emiten yang banyak diborong investor asing dalam sebulan terakhir, hingga perdagangan Kamis kemarin.

Melansir dari data pasar, 2 dari 5 emiten yang menjadi favorit investor asing merupakan pemain inti di sektor telekomunikasi Ibu Pertiwi, yakni PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) dan PT XL Axiata Tbk (EXCL)

Perusahaan

Harga Saham (Rp/unit)

Net Sell (Miliar Rupiah)

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM)

4.320

716

PT Sinar Mas Multiartha Tbk (SMMA)

9.600

308,2

PT XL Axiata Tbk (EXCL)

3.510

95,1

PT Wijaya Karya Tbk (WIKA)

2.040

85,7

PT Japfa Comfeed Tbk (JPFA)

1.535

80,9

Sumber: BEI

Posisi Telkom ini mengejutkan lantaran pada Rabu lalu, asing justru ramai melepas saham emiten induk dari Telkomsel ini hingga Rp 211,03 miliar dalam sehari. Pada penutupan sesi II Kamis kemarin, saham TLKM juga terus dilego asing dengan nilai mencapai Rp 97 miliar di semua pasar, kendati sahamnya naik tipis 0,70% di level Rp 4.320/saham.


Besar kemungkinan, pelaku pasar luar negeri mulai melepas saham perusahaan BUMN ini seiring dengan rencana BUMN lainnya, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang akan menawarkan layanan internet, bernama Stroomnet.

Rencana tersebut menjadi ancaman bagi TLKM karena hingga akhir tahun lalu PLN tercatat memiliki 71,1 juta pelanggan yang berpotensi menjadi pelanggan internet. Angka tersebut, hampir 10 kali lipat dari total pelanggan TLKM yang hanya 7,9 juta orang (per semester I-2019).

LANJUT HALAMAN 2: Daftar saham yang dilepas asing (tas/tas)

Let's block ads! (Why?)



from CNBC Indonesia https://ift.tt/2NNwgXM
via IFTTT

No comments:

Post a Comment