Pages

Tuesday, September 3, 2019

Sedih! Cuma Karet yang Positif, Harga Komoditas Lain Negatif

Jakarta, CNBC Indonesia - Dari sekian komoditas ekspor Indonesia, hanya harga karet saja yang mampu mencatatkan nilai positif. Sedangkan komoditas lainnya seperti kelapa sawit, kopi, batu bara, tembaga semuanya negatif.

Demikian laporan Bank Indonesia (BI), soal indeks harga komoditas ekspor Indonesia pada triwulan II-2019. BI mencatat harga komoditas ekspor Indonesia pada triwulan II-2019 mengalami penurunan terutama penurunan harga CPO atau minyak sawit mentah dan komoditas logam lainnya.

Penurunan harga CPO terutama disebabkan oleh pasokan dari Indonesia dan Malaysia yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan permintaan CPO yang menurun.

Sementara itu, permintaan CPO menurun seiring dengan (i) implementasi pelarangan impor CPO untuk biofuel di Eropa secara bertahap sejak Mei 2019; (ii) peningkatan produksi rapeseed - substitusi CPO di India; serta (iii) penurunan harga soybean - substitusi CPO.

Sedih! Cuma Karet yang Positif, Harga Komoditas Lain NegatifFoto: Komoditas Ekspor Indonesia (Dok BI)

 

"Ekspor komoditas logam Indonesia berada pada tren menurun seiring pelemahan permintaan global, terutama dari Tiongkok akibat pelemahan aktivitas perekonomiannya," tulis BI dalam Laporan Tinjauan Kebijakan Moneter Triwulan II-2019.

BI mencatat, permintaan yang melemah juga mendorong penurunan harga minyak.

Rata-rata harga minyak dalam tren yang menurun karena pelemahan permintaan akibat ketegangan hubungan dagang AS-Tiongkok yang berlanjut. Penurunan supply karena keputusan OPEC+ untuk memperpanjang oil cuts sebesar 1,2 mbpd selama 9 bulan (hingga triwulan I 2020) bahkan tidak dapat mengimbangi penurunan permintaan yang lebih dalam.

Penurunan demand minyak global juga sejalan dengan proyeksi yang dirilis oleh beberapa lembaga internasional. Lembaga EIA (Energy Information Administration) dan IEA (International Energy Agency) mengoreksi demand minyak global di 2019.

(hoi/hoi)

Let's block ads! (Why?)



from CNBC Indonesia https://ift.tt/2NNeXpN
via IFTTT

No comments:

Post a Comment